Pelatihan Living Soft Skill Education

Minggu, 28 Agustus 2022
Rumah kearifan (House of Wisdom) Yogyakarta kembali menyelenggarakan pelatihan Living Soft Skill Education. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari (28-29 Agustus 2022) di ruang Multi Purpose Rumah Kearifan. Pada pelatihan kali ini diikuti oleh sembilan peserta dari berbagai latar belakang yang berbeda, seperti guru, mahasiswa, aktivis NGO, hingga siswa dan siswi dari Sragen, Jawa tengah.


Dr. Muqowim, M.Ag. dan Ziadatul Husnah, M.Pd selaku trainer dan co-trainer membawakan pelatihan dengan senantiasa mengajak para peserta untuk aktif dalam berbagi di setiap sesi. Pada hari pertama, beliau menekankan pada intrapersonal skill dengan menggali setiap potensi dalam diri. Self-awareness (kesadaran diri), self-regulation (pengaturan diri) dan self-mapping (kemampuan memetakan diri) menjadi kunci untuk menghidupkan tersebut.


Pada hari kedua adalah menghidupkan kemampuan interpersonal skill. kemampuan ini merupakan cara bagaimana berinteraksi dan membangun sinergi dengan orang lain atau kelompok. Dr. Muqowim menekankan bahwa untuk dapat memiliki interpersonal skills yang baik kunci utamnya adalah kemampuan intrapersonal skills. Jadi, kedua kemampuan tersebut saling berkaitan dan berkelindan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan sendiri-sendiri.


Ahmad Jafar Shodiq salah satu peserta dari pondok pesantren Darul Ihsan Muhamadiyyah Sragen (DIMSA) mengatakan “perasaan saya setelah mengikuti pelatihan ini saya merasa tercerahkan, kita punya sudut pandang yang lain dan mendapatkan ilmu soft skill..”. Tidak hanya Ja’far, para peserta yang lain juga merasakan hal yang sama dan mendapatkan sesuatu yang positif setelah mengikuti pelatihan Living Soft Skill Education.

About Fajar Dwi Noviantoro

Koordinator Bidang Pelatihan, Konsultasi dan Advokasi Rumah Kearifan (House of Wisdom). Mahasiswa Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

View all posts by Fajar Dwi Noviantoro →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.